Beasiswa Unggulan Kemendiknas

Saya mau share sedikit mengenai Beasiswa Unggulan dari Kemendiknas, karena kebetulan saya mendapatkan beasiswa ini untuk studi magister saya di Teknik Informatika ITB. Bagi yang ingin mengetahui langsung silahkan ke websitenya. Ada beberapa program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendiknas tahun ini:

Program Beasiswa Tahun 2010

saya masuk dalam program S2 mandiri, mandiri karena saya tidak terikat dengan instansi apapun, jika dosen biasanya ada kerjasama khusus dari universitas yang bersangkutan dengan Kemendiknas. Ada kewajiban penerima beasiswa, yang tertulis di kontrak saya antara lain harus menulis karya tulis di jurnal/media massa nasional/internasional mengenai bidang yang bersangkutan, hal ini adalah sebagai bentuk Intelectual Social Responsibility (ISR). Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai beasiswa unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendiknas ini, karena saya pun secara tidak sengaja menemukan setelah membaca sebuah buku yang ditulis oleh penerima beasiswa unggulan Dina Marliana yang saya pinjam dari teman. Berawal dari rasa penasaran lalu saya pun mencoba apply dan alhamdulillah dapat.

Dari program mandiri ini saya mendapatkan biaya pendidikan sampai lulus (3 semester) ditambah biaya hidup. Namun ini bukan berarti saya bisa bersantai karena syarat untuk terus mendapatkan beasiswa ini adalah mendapatkan IP minimal 3.26 tiap semesternya, saya sendiri masih semester 1 dan belum mendapat hasil akhir IP. Selain itu, wajib memberikan laporan tertulis keuangan tiap semester. Semoga tulisan ini bermanfaat :)

65 Komentar

Filed under Pengalaman

65 responses to “Beasiswa Unggulan Kemendiknas

  1. tks infonya. Klo utk syarat tes tpa, toefl dan ukbi dimana ya?

  2. diki

    awalnya saya direkomendasikan untuk ikut program ini tadinya saya ga begitu berharap bisa dapat, tap setelah saya ikuti serangkaian persyaratan ALHAMDULILAH tahun ini saya dapet…bagi temen2 yang belum ayo ikutan lumayan bisa meringankan beban orang tua

  3. annisa

    kalo untuk tahun ini, 2011, masih ada nggak ya? trus cara mendaftar seperti apa? saya lihat di websitenya kok sepertinya hanya memberi informasi beasiswa untuk tahun 2010 saja ya…apa ada up date untuk tahun anggaran 2011? thanks infonya

    • miakamayani

      maaf baru balas, waktu saya sih dibukanya sekitar juli, mungkin tahun ini juga sama, tapi untuk jelasnya ditanyakan saja ke admin Beasiswa Unggulan

  4. Risma

    mbak….. mau tanya……. wah semoga saya juga bisa mengikuti jejak mbak :D. Persyaratan TOEFL dan IELTS itu dua2nya ya mbak?? apa salah satu….. TOEFL aja ato IELTS aja?

  5. maya

    halo mbak, saya tertarik dengan beasiswa ini untuk melanjutkan studi master, sudah cari2 info dan download panduannya dari websitenya. yang ingin saya tanyakan adalah persyaratannya, karena dari dua file yang saya download saya temukan syarat yang berbeda. saya ingin bertanya apa file yang saya sebut di bawah ini perlu untuk dilampirkan saat apply:
    1. hasil TPA
    2. surat permohonan beasiswa ditujukan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri KEMDIKNAS
    3. surat rekomendasi dari instansi yang terkait atau dosen
    (Professor/Doktor) dari perguruan tinggi yang dituju. Isi menyetujui pelamar untuk mengajukan permohonan beasiswa dan jaminan ybs dapat
    menyelesaikan studinya tepat waktu
    4. Surat Pernyataan sanggup mengikuti peraturan pada Program Beasiswa Unggulan

    lalu, berapa lama prosesnya dari awal apply sampai seleksi dan akhirnya diterima, karena kampus yang saya tuju butuh konfirmasi cepat mengenai pendanaan kuliah saya nanti

    trimakasih banyak :D

    • miakamayani

      halo, saya coba jawab ya. Pertanyaan no 1 jawabannya iya, pertanyaan no 2 klo sy dulu tidak perlu, no 3 iya harus ada, no 4 klo g salah ada formnya ya berarti harus dilampirkan juga. Prosesnya waktu itu dari bulan Agustus, pengumuman diterima akhir September jadi hanya 1-2 bulan. good luck ya :)

  6. maya

    Mbak Mia, satu pertanyaan lagi, hehehe, kalau untuk syarat hasil karya penulisan popular) yang dipublikasikan di media massa nasional (ISR):
    1. dibuat – kirim ke media massa- dimuat-daftar BU, atau
    2. daftar BU- lolos-baru menulis ISR

    kalau kita menulis tapi ternyata tidak dimuat, tetap boleh daftar kah?

    terima kasih banyak mbak :D

    • miakamayani

      kalau saya sih daftar BU-lolos-baru menulis ISR. Sampai sekarang juga saya baru submit jurnal tapi belum tentu juga dimuat hehe, yang penting jangan menyerah harus tetap berkarya. good luck :)

  7. rere

    Mba Mia..
    Saya tertarik mendaftar Beasiswa Unggulan ini untuk kuliah Magister saya. Kalau berkenan, boleh saya minta kontak e-mail atau pin bb buat tanya-tanya ke mba Mia? Karena saya baru kali ini berburu beasiswa. Hehe.. Makasih sebelumnya & salam kenal.. :)

  8. Dedy Kurniawan Setyoko

    Mbak mia saya mau tanya juga dong.

    1. Saya sekarang sedang studi S2 Teknik Fisika ITS, sekarang sedang jalan Semester dua, apakah masih bisa ikut?
    2. Saya tidak terikat dengan instansi manapun, apakah bisa mendaftar hanya dengan bermodalkan surat rekomendasai dari dosen pembimbing S2 saya?
    Terimakasih atas jawabannya…
    Karena dari kemarin saya email ke panitia BU tidak direspon sama sekali.

  9. Mba, aku numpang nanya ya, ada syarat yg bikin binggung:

    1. Melampirkan surat pemberdayaan dari instansi yang mengusulkan, artinya bila sudah selesai perkuliahan pelamar akan melakukan aktfitas pengabdian sebagai konsekuensi pemberian rekomendasi. Aktifitas ini bukan berarti
    pengangkatan sebagai pegawai/karyawan dari institusi pengusul.

    *ini maksdunya apa ya mba? nanti jadi pegawai di kampus ya?

    2. Mempunyai surat rekomendasi dari instansi yang terkait atau dosen (Professor/Doktor) dari perguruan tinggi yang dituju. Isi menyetujui pelamar untuk mengajukan permohonan beasiswa dan jaminan ybs dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

    dosennya pembimbing skripsi kita dulu mba? klo institutusi mintanya di tingkat jurusan, fakultas, ato kampus (rektorat)?

    3.Mempunyai kemahiran berbahasa Indonesia melalui Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

    Ini tesnya di mana mba?

    Makasiih mba, sori kalo kepanjangan yah

    • miakamayani

      1. waktu dulu saya ga ada syarat surat pemberdayaan, mungkin iya maksudnya nanti setelah lulus harus bekerja di kampus.
      2. ini dari dosen dari perguruan tinggi yang dituju jadi klo sudah kenal dengan dosennya coba aja kontak dan minta surat keterangan.
      3. walau jadi syarat tapi sepertinya ga mutlak, dulu juga saya ga pake UKBI.

  10. icha

    asz……….
    Mba.
    universitas apa saja yg krjasma dngn kemendiknas???
    truz ada dua plihan,beasiswa lmbaga dngn prorangan…yg mw zy tnya apa klo lmbga srat rekomenasi dri atsan bisa t’msuk skolah yach???ato cuma p’guruan tinggi????
    kalo perorangan gak pake srat itu lgi???
    tpi itu adlah slah stu p’syaratn umum………
    makasi…….

    • miakamayani

      kalo masalah kerjasama univ saya kurang tau detailnya, lebih baik ditanya ke univ bersangkutan. kalau saya ambil perorangan jadi ga perlu ada ikatan kerjasama dgn univ, klo perorangan saya pake rekomendasi dari dosen univ yg bakal kita masukin. Kalau jadi syarat berarti harus ada surat rekomendasi dari perguruan tinggi.

  11. cindy

    mba mia, kalau untuk Tes Potensi Akademik dan tes Uji Kemampuan Bahasa Indonesia, sertifikatnya yang resmi didapat dari mana yahh? terima kasih sebelumnya

  12. icha

    Mba………….
    kalo pmbyran awal’nya kita yg tanggung dulu ato udah dri kmendiknas???
    makasih…..

  13. icha

    Mba,klo llus….ap pmbyaran p’tama d’kmpuz qt yg tnggung????

  14. ainita

    Salam Mba Mia,

    Apa kabar Mba? Mudah-mudahan sehat selalu.
    Perkenalkan saya Nita. Artikel Mba tentang beasiswa unggulan kemendiknas, sangat membantu…terimakasih
    selanjutnya ada yang mau saya tanyakan, rencananya saya mau daftar mandiri…saya ingin mengajukan beasiswa magister di LN
    untuk surat pernyataan sanggup mengikuti peraturan pada Program Beasiswa Unggulan bisa diperoleh dimana? dan untuk berkas aplikasi beasiswa apabila tanpa instansi form yang instansi dikosongkan saja? dan bagaimana apabila saya mengikuti program Taught Program yang tanpa Research, apakah boleh tidak melampirkan proposal thesis?
    mohon bantuannya
    terimakasih Mba Mia…

    Regards
    Nita

    • miakamayani

      surat pernyataan dulu saya sih g ada, klo mandiri memang g usah ada ngisi form dari instansi, tetep harus melampirkan proposal tesis. semoga membantu

      regards,

      Mia

  15. rufi

    mbak mia, sya mau tanya nih, kalo mw ikut beasiswa yg buat program kembaran sma gelar ganda tu gimana ya mbak? maklum saya masih newbie tentang beasiswa :D

  16. inda

    Assalamu’alaikum wrwb
    Mbak Mia, saya insyaAllah juga ingin mendaftar BU :).
    Mohon bantuannya mbk, Bolehkah saya meminta contoh proposal pengajuan(rencana studi/thesis,perencanaan waktu studi,kebutuhan anggaran) BU mb.Mia sebagai contoh?
    Terimakasih sebelumnya :).

  17. Dhanang Eka Putra

    saya juga berminat melamar BU, klu contoh proposal kegiatan (rencana studi, waktu studi, keb anggaran) itu sperti apa ya? boleh saya minta contohnya , suwun :)

  18. Salam Mba Mia,

    Thanks untuk info BU. It really helps. Anyway, saya juga kirim email ke alamat Mbak menanyakan beberapa info untuk beasiswa ini. Mungkin mbak sibuk atau lupa jadi belum membalas oleh karena itu saya hanya ingin mengingatkan mengenai email saya. tolong dibalas ya mbak. Infonya berguna banget. Thanks a lot x))

  19. Niar

    Kl panduan dan prsyaratan untuk beasiswa unggulan mandiri..sama ya mba dg beasiswa unggulan yg ada diweb dikti?mba dulu daftar keITB dulu baru ngajuin beasiswa unggulan atau daftar beasiswa unggulan dulu baru daftar keITB?

    • miakamayani

      tolong diperhatikan klo beasiswa unggulan dari kemendiknas berbeda dengan beasiswa unggulan dari dikti, jadi dilihat lagi ya websitenya. Klo BU Kemendiknas mensyaratkan diterima dulu di perguruan tinggi baru bisa apply. semoga membantu

  20. salam mba mia, wah info nya berguna banget, saya bisa mendapatkan file spererti temen2 diatas mba yg (rencana studi/thesis,perencanaan waktu studi,kebutuhan anggaran), saya akan memperlajarinya. dan kalau ada tips serta triknya jg g p2 mba heee… i.allah saya akan coba untuk tahun 2012, karena saya tahun ini berencana melanjutkan studi S2 diGerman mba dan mohon doa dan bimbingannya

    • miakamayani

      Elvan, untuk contoh proposal bisa dilihat di bukunya Dina Mardiana berjudul “Kuliah Gratis ke Luar Negeri” karena beliau juga diterima Beasiswa Unggulan, saya mengikuti template yang dibuat Dina di buku itu. semoga membantu

  21. jinik

    Mbak mia, untuk biaya hidup dari BU untuk angkatan 2010 bener masih dapet ya mbak ?
    Denger2 dari temen yang udah dapat BU angkatan 2010 juga, biaya hidup dll udah nggak ada, hanya biaya pendidikan saja.
    Takutnya nanti pas udah apply, misal keterima, kerjaan udah dilepas belom siap2 nyari lagi. Biaya hidup gak ada :p
    Mohon info mbak mia.. Terima kasih

  22. Nana

    mbak mia, mau tanya dongl. kalo proposal yang dimaksud itu proposal thesis atau secara umum tentang master yang mau diambil? aku nemu link panduang proposal beasiswa unggulan sih bukan proposal penelitian. bener ga ya? makasih ya mbak..

  23. Ayu Rahadiyanti

    Assalamu’alaikum…
    Terima kasih mb atas infonya.maap kl saya minta contoh proposal tesis, perencanaan waktu studi dan anggaran bisa tidak y?
    TErima kasih
    Wassalam..

  24. Chintia R

    Mbak,saya jg berminat mau daftar BU kemendiknas. Saya juga mau dikirimi proposal ke email saya. saya bingung,nggak tau kayak apa sih proposal utk daftar BU.. makasih sebelumnya,mbak mia..

  25. Dwinta

    Salam Mbak Mia,

    Saya berencana untuk melanjutkan studi di Italia dan saya hendak mendaftar untuk beasiswa unggulan ini. Namun, saya masih bingung akan syarat proposal tersebut. Apabila mbak Mia berkenan, boleh tidak mbak Mia share proposal yang dulu mbak Mia buat agar saya bisa dapat gambaran mengenai struktur konten proposal tersebut ke email saya dwintawidyastuti@yahoo.com. Terima kasih banyak atas bantuannya

  26. alifah

    mbk mia, makasih ya artikelnya….saya berminat tuh, tapi pengennya beasiswa unggulan dalam negeri mandiri untuk ambil s2… tapi takut sudah ndaftar ke universitasnya ternyata tidak GOL BU nya, bisa kena marah bokap kalau harus minta duit…..ada saran ?

    • miakamayani

      memang sih resiko beasiswa unggulan itu kalau tidak keterima ya pake uang sendiri, soalnya cairnya itu lama banget. Menurut saya, cari cadangan beasiswa lain yang lebih pasti :D, jadi beasiswa unggulan anggap aja bonus

  27. alifah

    ada yang masih mengganjal lagi neh mbak, universitas yang bisa menyelenggarakan BU mandiri itu adalah universitas2 tertentu yang sudah ditunjuk atau bebas, terus jurusannya adalah jurusan2 tertentu atau bebas ?

    • miakamayani

      nah itu dia,,utk tahun skrg sepertinya kemendiknas sudah melakukan kerjasama dengan univ2 tertentu, coba dicek ke Tata Usaha atau bagian akademik di univ yang dituju

  28. dinmas

    contoh proposalnya seperti apa mohon bantuannya

  29. ria sahaswati

    Asslm.. Mbak Mia saya mau tanya tentang prosedur n syarat beasiswa unggulan sesuai dengan pengalaman mabk Mia sendri gmna sih?
    trus kalo untuk surt rekomendasinya itu gmna?
    Kalo mabk Mia ada waktu,, bisa tidak mbak Mia share di email sya di riasahaswati@ymail.com
    gumawo eonni mia,,,

  30. meilina

    Dear Mba Mia,

    Saya baru saja diterima di UI prodi S2 kelas khusus.
    Yang ingin saya tanyakan,apakah kelas khusus boleh ikut serta dalam program beasiswa ini?

    Dan yg ingin saya tanyakan untuk isian instansi apakah saya boleh membuat perusahaan tmpat sya bekerja.
    sementara isi dari proposal saya berbeda tempat.
    Dan nantinya bila diterima,apakah ada semacam pengabdian kita akan kembali ke instansi/tempat pengembangan daerah sesuai proposal tesis kita.
    Mohon arahannya?
    Terima kasih.

    • miakamayani

      Kelas khusus mungkin bisa, lebih baik ditanyakan pada panitia beasiswa unggulannya. Mengenai pengabdian setelah lulus, waktu angkatan saya sih tidak ada syarat seperti itu, tapi sepertinya ada perubahan aturan untuk sekarang. Kabar terbaru sih katanya BU skrg kerjasama dgn univ2 utk program calon dosen.

  31. Yugo

    mbak..untuk BU 2012 dibuka kapan … e-mail : yogoprawiro@gmail.com ? trims

  32. eriska

    mbak maaf mau tanya, kalo yang biaya hidup serta biaya yg lainnya kecuali kuliahnya untuk bu kemendiknas ini apakah harus sesuai dengan rincian pada tabel buku pedoman?atau bisa sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sesuai dengan lingkungan/kotanya? maklum kadang beda kota beda biaya suka lebih murah atau mahal…:)

    makasih banyak

    • miakamayani

      Waktu saya bikin rincian sih sesuai dengan kebutuhan saja, walau nantinya besar biaya tetap kemendiknas yang memutuskan

  33. Dwi Marsiska

    Assalamu’alaikum wrwb
    Mbak Mia, saya insyaAllah juga ingin mendaftar BU.
    Mohon bantuannya mbk, Bolehkah saya meminta contoh proposal pengajuan(rencana studi/thesis,perencanaan waktu studi,kebutuhan anggaran) BU mb.Mia sebagai contoh?
    Terimakasih sebelumnya .

  34. diani

    Mba Mia, mau tanya…

    kalo BU kemendiknas ini gak ada ikatan dinas apapun kan ya?
    kalo kita udah dapet beasiswa dari tempat lain dan tidak cukup, apakah masih boleh apply BU kemendiknas ini?
    hanya beasiswa biaya pendidikan kan ya?nanti beasiswanya diberikan ke kita atau langsung ke PT tempat kita kuliah?

    makasih banyak ya Mba:)

    • miakamayani

      tidak ada ikatan dinas, tp ada juga yg sudah terikat dengan universitas tertentu, sepertinya aturanny beda utk tahun skrg. Dobel beasiswa boleh, saya pun demikian. Uangnya dicairkan langsung ke rekening kita kalau yg mandiri, belum tahu klo yg sudah terikat dgn universitas

  35. diani

    oh iya satu lagi Mba….
    BU ini untuk beasiswa luar negri atau dalam negri ya?atau boleh dua2nya?mba dulu dalam atau luar negeri?

    makasih banyak Mba:)

  36. Angellica T.

    sore Mbak Mia, saya mau tanya tentang BU nih..

    saya ikut program BU juga, dan saya dalam rangka menyiapkan ISR. yg saya tahu, ISR yg diminta utk dibuat semacam artikel yang dimuat di media massa nasional dan berkaitan dengan BU.
    bgmna dengan Mbak Mia? apakah tulisan Mbak sudah diterbitkan?
    jika saya menulis di portal web seperti okezone.com atau detik.com apakah bisa? atau saya harus menulis di media koran elektronik kompas.com, tempo.com, etc?

    terima kasih atas waktunya :D

Tinggalkan Balasan

