Web tampak seperti desktop dengan javascript toolkit

Saat ini tidak mustahil membuat aplikasi dengan tampilan desktop-based di web, caranya dengan menggunakan javascript toolkit seperti ExtJs (www.extjs.com), dojo tolkit (www.dojotoolkit.org), yui (developer.yahoo.com/yui), masih banyak lagi yang lainnya. Namun untuk yang gratisan dan sudah cukup lengkap dokumentasinya saya rekomendasikan ExtJs. Sebelum menggunakan javascript toolkit ini kemampuan dasar yang dimiliki adalah HTML dan Javascript untuk front-end sedangkan untuk back-end bisa pakai bahasa apapun.

Kelebihan menggunakan javascript toolkit adalah pemisahan task yang hanya berhubungan dengan antarmuka (front end) dan task yang berhubungan dengan retrieve data (back end). Semua task front end di-handle oleh client/browser sedangkan task back end menggunakan layanan web service dengan format pertukaran data tertentu (mis. JSON, XML). Hal ini akan mengurangi beban server dan user tidak perlu menunggu lama untuk interaksi user interface. Jika menggunakan ExtJs saya sarankan menggunakan Firebug yaitu add-ons Mozilla untuk debugging halaman web, jika menemukan kesulitan silahkan kunjungi forumnya, disana terdapat contoh-contoh source code. Berikut beberapa screen shot aplikasi dengan menggunakan ExtJs yang saya buat:

Nah silahkan mencoba.

6 Komentar

Filed under Pengetahuan

6 responses to “Web tampak seperti desktop dengan javascript toolkit

  1. Halo mia saya julham dari medan, saya tertarik dgn tulisan kamu tentang javascript toolkit, punya link tutorial nya gak ya, atau punya contoh aplikasi web yang dibangun dari javascript toolkit ini, mohn info nya ya, thanks

    Wassalam,
    Julham

  2. miakamayani

    untuk link nya silahkan buka http://extjs.com, mohon maaf contoh aplikasi yang saya miliki restricted😦. Tapi di websitenya sudah cukup banyak contoh kok, forumnya juga banyak membantu ^^. Selamat mencoba

  3. makasih artikelnya..😀

    sama-sama🙂

  4. wew..!!!

    thankz for ur artikel…ini yg gw tunggu2..coz dlu gw sempat berpikir gmn ya caranya buat tampilan web sprti desktop…
    hehe..

    thx..

  5. deni

    wah sy tertarik nh buat belajar dojo. ada contoh source code nya g??

Tinggalkan Balasan

