Big ideas for small earth

Mungkin pernah ada yang tau slogan di atas, itu salah satu acara di Metro TV yang lagi gencar-gencarnya promo aksi lingkungan. Saya seneng banget ada stasiun TV yang peduli lingkungan walau baru sekarang, moga-moga stasiun TV yang lain ngikutin langkahnya Metro TV (daripada nayangin sinetron en gosip melulu). Dari kecil, ibu saya dah ngajarin klo buang sampah jangan sembarangan, klo gak ada tempat sampah mendingan dibawa aja tu sampah sampe nemu tempat sampah malahan dulu sering bawa sampah ke rumah gara2 ga bisa nemu tempat sampah. Terus nenek saya ngajarin buat sayang ama tanaman, malahan beliau tau klo tanaman itu lagi sakit dan pake skill reiki-nya buat nyembuhin koleksi tanamannya (reiki itu sejenis teknik penyembuhan alternatif). Ditambah lagi pembantu saya yang ngurus dari kecil pecinta binatang, jadinya saya juga seneng binatang. Mungkin bisa kali saya ngelamar jadi anggota Greenpeace😀. Saya dari lahir hidup di Bandung, jadi setidaknya ngerasain gimana Bandung tempo dulu yang katanya Berhiber itu. Klo dibandingin ama keadaan Bandung sekarang, sedih deh. Saya sebagai penduduk asli Bandung sering kesel klo ada orang yang lempar sampah dari jendela mobil, ngeliat tumpukan sampah di pasar tradisional atau ngeliat kali yang butek penuh ama sampah dari rumah-rumah di pinggiran. Kayaknya kesadaran lingkungan masih ada di kalangan terpelajar (itupun sebagian kecil) yang jumlahnya lebih sedikit dari masyarakat umum, tapi sebenernya ga mustahil klo ada niat dari pemkot Bandung buat membenahi kota ini supaya balik lagi jadi Berhiber. Pertanyaannya apakah ada niat? Klopun ada apakah masyarakat Bandung mendukung niat itu? Banyak banget masalah lingkungan di kota Bandung saja apalagi klo dilihat se-Indonesia, jadi daripada kita ngedumel ke pemerintah lebih baik kita mulai dari hal kecil aja, mulai dari kamar, rumah, sekolah, kampus, kantor. Mungkin ada yg tau iklan TV soal ide kecil tiap hari 1 orang buang 1 sampah di jalan ke tempat sampah (jadi inget film Pay Forward). Nah masih banyak ide-ide yang mungkin terlihat kecil tapi dampaknya besar buat bumi kita yang ‘kecil’ ini. Saya pernah tau beberapa hal dari luar negeri yang mungkin bisa diterapkan di Indonesia:

  1. tiap orang yang belanja bawa kantong sendiri, jadinya supermarket gak perlu ngasih kantong plastik dan sampah plastik pun berkurang
  2. tiap rumah harus misahin sendiri sampah yang bisa terurai dan yang gak bisa terurai
  3. klo tidur malem hari lampunya dimatiin, hemat listrik kan?
  4. pake kedua sisi kertas buat nulis atau print
  5. mengembangkan penelitian untuk membuat material-material yang ramah lingkungan misal plastik ramah lingkungan, air sbg pengganti bahan bakar

kira-kira mungkin ga ya diterapin di Indonesia? Just an idea hehe.

Tinggalkan komentar

Filed under Opini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s