Mungkin banyak yang kesel dengan pemadaman listrik yang dilakukan PLN, tapi tau ga sih kenapa sampai kejadian kayak gitu? Karena dengan pemadaman, PLN pun rugi karena meteran listrik stop. Terus klo bikin rugi kenapa tetep dilakukan? Sebenernya ini semua diawali dengan naiknya BBM dan PLN gak dapet subsidi dari pemerintah, loh apa hubungannya BBM ama listrik? Karena sebagian besar pembangkit tenaga listrik bertenaga BBM. Dan fakta lain mengenai PLN adalah sepanjang tahun dari awal krismon tahun 1997, PLN gak pernah untung. Akibatnya adalah pemusatan pegawai termasuk bapak saya yang dipindah ke pusat di Jakarta. Fakta lain pula, energi listrik itu gak bisa disimpan, jadi sekali keluar dan gak digunain energi itu gak bisa balik lagi buat disimpan. Nah dengan keterbatasan pasokan listrik, maka ada perebutan jatah listrik. Kalau semua rumah di 1 RW menyalakan semua alat listriknya, kemungkinan gardu listrik di sekitar situ bakal down dan akibatnya lebih parah, alat di gardu bisa mati dan mungkin listrik bakal mati untuk waktu yang lebih lama. Maka dari itu, ada giliran pemadaman, hal ini untuk mengatasi demand listrik yang melebihi kapasitas resource listrik yang tersedia. Mungkin kenal dengan istilah iklan 1917-22, nah karena malam hari adalah peak time penggunaan listrik, makanya diusahakan penggunaan listrik seefisien mungkin. Sekarang ada peraturan baru yang memberikan penalti berupa penambahan jumlah tagihan bagi warga yang meteran listriknya melebihi angka tertentu, mungkin ada yang pro dan kontra. Tapi menurut saya, kebijakan ini sangat cerdas kenapa karena membuat masyarakat hemat listrik kecuali buat segelintir orang yang gak khawatir dengan pengeluaran tagihannya. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik antara lain:

  1. Matikan lampu kamar mandi klo abis menggunakan.
  2. Matikan lampu di ruangan yang gak ada aktivitasnya.
  3. Matikan lampu saat tidur, hal ini juga bagus buat kesehatan karena bakal membuat syaraf rileks.
  4. Hindari membiarkan kondisi stand by pada komputer, hal ini juga memakan listrik.
  5. Cabut semua stop kontak dari alat-alat elektronik yang dah gak digunakan, walau dalam kondisi off tetep ada arus listrik yang mengalir ke alat elektronik.

Ini adalah usaha bersama, oleh karena itu ajaklah saudara, teman, tetangga untuk berhemat listrik. Sebelum PLN kehilangan cara dan menaikkan tarif dasar listrik. Kalau tarif listrik dah naik, bisa2 demonya lebih hebat lagi dibanding BBM naik hehe :p. Jangan sampai deh, ayo hemat listrik!

Iklan