Haji di Indonesia

Sudah tidak aneh lagi klo tiap tahun rombongan haji dari Indonesia slalu membludak, klo liat fenomena ini bisa dilihat orkay alias orang kaya Indonesia itu banyak. Tapi ironisnya kok masih ada yang busung lapar, masih ada yang gak punya tempat tinggal, masih banyak anak yang putus sekolah dll. Jadi heran sendiri apa sih makna pergi haji itu? Bahkan ada yang sudah pergi haji lebih dari 1 kali, ada pula yang memaksakan diri pergi haji walau sehabis pulang dari haji jadinya gak punya duit. Tapi apa output dari keberangkatan haji yang jumlahnya slalu membludak melebihi kuota tsb? Apakah dengan banyaknya haji di Indonesia kualitas bangsa ini jadi membaik? Tampaknya tiap tahun kondisi bangsa ini sama saja bahkan memburuk. Masih ingat dengan haji Indonesia yang rebutan makanan di Mekah sana? Saya pernah dapet cerita juga klo yang paling banyak belanja di Mekah adalah haji dari Indonesia, niatnya belanja atau ibadah sih? Padahal untuk pergi haji itu syaratnya banyak, haji wajib bagi yang mampu, klo yang gak mampu berarti gak wajib. Nah mampu ini yang kalau dijabarkan bisa jadi banyak baik itu mampu secara fisik, mental, emosi, finansial dll.

Dulu pernah dengar cerita, ada seseorang yang batal pergi haji karena uangnya digunakan untuk bantu tetangga yang kelaparan dan ini lebih baik daripada pergi haji meninggalkan tetangga yang kelaparan. Contoh kecil ini seharusnya menjadi cerminan rakyat Indonesia, sebelum berhaji hendaknya lihat dulu ke sekeliling apakah ada hal lebih baik yang dapat dilakukan oleh dirinya atau dilakukan dengan uang keberangkatan haji? Hendaknya memaknai haji itu bukan dari sisi ritual saja namun juga dari segi hakikinya, walau ilmu saya masih dikit tapi saya yakin setiap ibadah itu ada makna hakikinya bukan hanya ritual semata saja. Saya pernah dengar klo Al-Quran mengandung 80% mengenai hubungan sesama (habluminanas) dan 20% mengenai ibadah ritual (habluminallah), artinya Tuhan ingin manusia lebih memperhatikan sesamanya, bukan berarti ibadah ritual itu boleh ditinggalkan😀.

Setelah menjadi haji, kan seharusnya orang itu jadi lebih baik, baik dari segi penampilan, keilmuan, material sehingga bisa menjadi teladan bagi lingkungannya, jadi kewajiban setelah menjadi haji itu banyak, bukan santai2 saja. Jika diakumulasikan haji di seluruh wilayah Indonesia dari tahun ke tahun maka seharusnya lingkungan yang terpengaruh oleh ke-‘haji’-an sudah meluas dan berakibat pada bangsa yang lebih baik. Nah, apa yang terjadi pada para haji Indonesia? Dimana kontribusinya pada bangsa ini? Klo dah jadi haji apa kualitas orang itu jadi meningkat? Apa manfaat ke-‘haji’-annya bagi orang lain? Banyak pertanyaan2 lain yang harus dijawab oleh para calon haji maupun haji Indonesia. Mudah2an jika kita menjadi haji, kita jadi haji yang mabrur, amin.

7 Komentar

Filed under Opini

7 responses to “Haji di Indonesia

  1. Tulisan yang bagus… BTW, tolong pergunakan teknologi paragraf…

  2. miakamayani

    haha sip deh Bapak Zakka, itu copy paste dari notepad tapi lupa diliat lagi.

  3. Hebat, kobarkan semangat bloger Indonesia. Saya tertarik artikel tentang haji, dan secara kebetulan saya kolektor buku haji. Kini koleksi mencapi 500 buku lebih

  4. mukhlis

    emang betul, banyak jamaah indonesia yang belanja sambil ibadah jadi shalatnya di makkah di emperan toko tempat dia shopping, tulisan yang bagus, saran saya supaya dimuat di media cetak ,biar pak haji aja yang baca!! (biasanya pak haji suka baca koran lho!)

  5. Atik

    Ass ….Wr. Wb duh emang hebat tulisan bapak, saya kagum dengan pendapat pak Zakka sebagaimana pendapat teman-teman sebelumnya. Sayapun belum bisa berbuat seperti apa yang bapak sarankan mudah-mudahan kedepan kita bisa mewujudkan rasa kepedulian sosial yang tinggi. Mudah2an Bapak/Ibu ? Saudara/i kita dapat menyempurnakan rukun Islam dan sepulang dari Haji menjadi Haji Mabrur Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  6. Atik

    Eh sorry neng Mia yang cuantik saya gak tau kalau itu tulisan neng Mia, maklum mpok dah tua haa .. haa. lagi coba-coba ngenet agak-agak telmi gitu loh, terus menulis ya… saya yakin neng Mia akan jadi orang hebat

  7. miakamayani

    Ass. terima kasih atas tanggapannya ^^. Moga-moga kita semua bisa menjadi muslim yang seharusnya.
    Wass.
    @Atik: hehe gpp ko bu, makasih udah mampir di blog saya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s