Tag

Saya mau share sedikit mengenai Beasiswa Unggulan dari Kemendiknas, karena kebetulan saya mendapatkan beasiswa ini untuk studi magister saya di Teknik Informatika ITB. Bagi yang ingin mengetahui langsung silahkan ke websitenya. Ada beberapa program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendiknas tahun ini:

Program Beasiswa Tahun 2010

saya masuk dalam program S2 mandiri, mandiri karena saya tidak terikat dengan instansi apapun, jika dosen biasanya ada kerjasama khusus dari universitas yang bersangkutan dengan Kemendiknas. Ada kewajiban penerima beasiswa, yang tertulis di kontrak saya antara lain harus menulis karya tulis di jurnal/media massa nasional/internasional mengenai bidang yang bersangkutan, hal ini adalah sebagai bentuk Intelectual Social Responsibility (ISR). Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai beasiswa unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendiknas ini, karena saya pun secara tidak sengaja menemukan setelah membaca sebuah buku yang ditulis oleh penerima beasiswa unggulan Dina Marliana yang saya pinjam dari teman. Berawal dari rasa penasaran lalu saya pun mencoba apply dan alhamdulillah dapat.

Dari program mandiri ini saya mendapatkan biaya pendidikan sampai lulus (3 semester) ditambah biaya hidup. Namun ini bukan berarti saya bisa bersantai karena syarat untuk terus mendapatkan beasiswa ini adalah mendapatkan IP minimal 3.26 tiap semesternya, saya sendiri masih semester 1 dan belum mendapat hasil akhir IP. Selain itu, wajib memberikan laporan tertulis keuangan tiap semester. Semoga tulisan ini bermanfaat 🙂

Iklan