Share Menulis Paper Berskala Internasional

Saya mau share pengalaman menulis 2 paper bidang teknik di 2 event internasional, walau ada embel2 internasional tapi penyelenggaranya univ Indonesia ko😀, diantaranya ITB dan UI. Mengapa menulis paper? Supaya terbiasa dengan meneliti dan agar hasil penelitian kita diketahui orang banyak. Selain itu paper yang sudah dipublikasikan memiliki credit yang tinggi jika kita mau apply sekolah ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri.

Konferensi paper yang pertama saya ikuti adalah ICEEI yang diselenggarakan oleh ITB pada July 2011, yang kedua adalah ICACSIS yang diselenggarakan oleh UI pada Desember 2011. Disini saya mau coba share langkah2 penulisan dan bagaimana melakukan presentasi di konferensi tingkat internasional.

Topik penulisan paper bisa berupa tugas akhir, tesis atau riset yang dilakukan mandiri. Kerangka paper secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Abstract/Ringkasan: mencakup latar belakang, metode, hasil eksperimen dan kesimpulan.
  2. Introduction/Pendahuluan
  3. Related Work/Penelitian terdahulu yang menjadi referensi
  4. Content/Isi
  5. Experiment result/Hasil eksperimen: biasanya menggunakan scoring standard
  6. Conclusion/Kesimpulan: selain kesimpulan terdapat pula saran pengembangan di masa depan.

Setelah melalui proses review dan editing, pastikan format penulisan sesuai dengan template yang disediakan penyelenggara, biasanya pihak panitia menyediakan template untuk didownload. Kemudian submit dan berharap papernya lolos🙂.

Jika paper diterima, biasanya ada catatan revisi oleh reviewer, setelah melakukan revisi, paper final atau photo ready disubmit ke panitia dalam bentuk PDF dan DOC(X). Selanjutnya melakukan pembayaran dan konfirmasi. Kemudian saatnya membuat slide presentasi, biasanya seminggu sebelum waktu konferensi, kita mendapat jadwal presentasi. Membuat slide termasuk proses gampang2 sulit karena waktu yang disediakan sangat singkat (20-30 menit) dan kita harus membuat audiens mengerti apa yang kita kerjakan.

Berikut adalah kerangka umum membuat slide:

  1. Outline: berisi kerangka presentasi beserta poin2 penting di tiap babnya, sehingga audiens mendapat gambaran akan apa yang dibicarakan.
  2. Introduction: memberikan gambaran umum tentang apa yang dikerjakan
  3. Contributions of this paper: kontribusi dari penelitian terhadap dunia akademis atau bidang terkait dan mengapa kita melakukan riset ini.
  4. Relation to the literature: dalam riset biasanya kita menggunakan acuan penelitian lain, disini dijelaskan hubungannya dan bagaimana acuan itu kita gunakan.
  5. Technical details: berisi implementasi dan mekanisme solusi dari riset kita terhadap masalah. Saran saya jika dimungkinkan ada simulasi atau animasi dari implementasi hendaknya ditampilkan karena gambar berbicara banyak dibanding teks.
  6. Result & conclusion: hasil eksperimen beserta performansi rataan dan kesimpulan dari penelitian serta saran ke depannya untuk hasil yang lebih baik.

Kemudian dilakukan estimasi waktu presentasi dengan slide, potong hal-hal yang terlalu mendetail dan hanya gunakan poin2 penting dan umum sehingga dimengerti oleh audiens. Buat catatan kecil yang berisi guidelines, sehingga jika kita lupa saat presentasi kita bisa melihat note. Yang paling penting jangan terpaku pada slide, berdiri menghadap audiens dan tatap semua audiens sehingga kita mendapatkan feedback apakah yang kita bicarakan dimengerti atau tidak. Jika ada audiens yang dahinya berkerut mungkin kita bicara terlalu detail sehingga sulit dimengerti, berilah analogi umum. Karena event internasional, tentunya audiens yang hadir ada yang dari luar negeri oleh karena itu gunakan bahasa Inggris yang jelas.

Sekian pengalaman saya mengikuti konferensi paper, semoga berguna🙂

3 Komentar

Filed under Tak Berkategori

3 responses to “Share Menulis Paper Berskala Internasional

  1. Papernya di-share juga gak, Mia?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s